Filipina menaksir pasar manggis, jeruk pamelo, durian, dan duku - Bisnisasean.com | Situs Berita Bisnis ASEAN | News Portal For Association of Southeast Asian Nations

Post Top Ad


Manggis (Foto:agropustaka.com)
Bisnisasean.com, Manila, - Buah-buahan tropis salah satu komoditi laris di dalam Masyarakat Ekonomi Asean. 

Banyak buah enak yang hanya bisa tumbuh dan dijumpai di lingkungan MEA, diantaranya Durian, Manggis, Jeruk Pamelo (Jeruk Bali), dan Duku (Langsat). 

Thailand, Indonesia, Malaysia, dan Filipina, selama ini yang paling terdepan menguasai pasar keempat buah Asean ini. 

Untuk mengetahui ritme pasar dan produksinya, Filipina telah mengirim sejumlah ahli pertaniannya ke negara-negara Asean, melakukan survey untuk mengetahui kapan musim panen keempat buah ini terjadi di setiap daerah di Asean, dan bagaimana suplay pasar di setiap negara berlangsung.

Dengan mengetahui musim buah dan jadwal ketersediaannya di pasar Asean, Filipina berharap bisa mengatur strategi masa panennya sehingga dapat mensuplai kebutuhan 4 buah paling bernilai tinggi di Asean ini sepanjang waktu.

Kebutuhan terus berlangsung sepanjang tahun, namun musim panen keempat buah ini biasanya hanya sekali setahun, sehingga di pasar selama 6 - 8 bulan dalam waktu setahun seringkali keberadaannya kosong.

Musim buah berbeda-beda di setiap daerah di Asean karena perbedaan iklim di setiap lokasi. Dengan mengetahui musim buah, diharapkan bisa memanen dikala negara lain tidak musim. 


Buah-buah ini biasanya dapat diatur jadwal panennya dengan cara mengeringkan lahan selama 1 atau 2 bulan hingga berbunga, dan menggantinya dengan pengairan saja. Sistem irigasi tetes dengan pemupukan yang baik juga bisa mendorong pembungaan diluar musim.

Dr Pablito P. Pamplona, pakar pertanian dari Universitas Mindanao, berharap Filipina dapat lebih produktif menghasilkan Duku, Jeruk Pamelo, Durian, dan Manggis, untuk mengisi pasar buah MEA yang masih terbuka lebar. Yang diperlukan adalah memperluas lahan penanaman buah-buahan ini, dan mendorong petani semakin banyak yang mau menanamnya


Duku Thailand telah terbukti mampu tumbuh baik di Filipina, bahkan masih terbuka peluang mengisi kebutuhan lokal yang tinggi. Jeruk Pamelo varietas Magalan yang tumbuh baik di Davao, juga sangat disukai di pasar MEA.  

Dua varietas Jeruk Pamelo lain, seperti Milo Mas dari Malaysia, dan Nam Roi dari Vietnam, juga bisa tumbuh dan berbuah baik di Filipina. Diharapkan bisa ditanam dalam skala luas, sehingga dapat mengisi kebutuhan pasar Malaysia dan Vietnam dikala sedang tidak musim. 

Durian dan Manggis juga sangat bagus dikembangkan di Filipina. Manggis tidak hanya komoditi pasar buah, tetapi juga dibutuhkan untuk kepentingan Farmakologi. 

Manila Bulletin/Why

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages