10 Pemimpin Negara ASEAN Bakal Hadiri Pertemuan IMF-World Bank di Bali - Bisnisasean.com | Situs Berita Bisnis ASEAN | News Portal For Association of Southeast Asian Nations

Post Top Ad

10 Pemimpin Negara ASEAN Bakal Hadiri Pertemuan IMF-World Bank di Bali

10 Pemimpin Negara ASEAN Bakal Hadiri Pertemuan IMF-World Bank di Bali

Share This
Presiden Jokowi di antara para pemimpin ASEAN saat pembukaan KTT ASEAN, di Kuala Lumpur beberapa waktu lalu. Foto : Sekretaris Kabinet.
JAKARTA, BISNISASEAN.COM- Pertemuan Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia (IMF-World Bank) bakal digelar di Bali Oktober 2018 mendatang akan dihadiri 10 pemimpin negara ASEAN.

"Kami akan buat high level ASEAN leaders gathering, rencananya 11 Oktober 2018," kata Peter Jacobs, Kepala Satuan Tugas sekaligus Ketua Harian Pertemuan Tahunan IMF-World Bank 2018 saat ditemui di sela-sela seminar internasional Bank Indonesia terkait Big Data di Nusa Dua, Bali, Jumat, 27 Juli 2018.

Menurut Peter, kegiatan tersebut merupakan kegiatan pendukung atau side event di sela-sela pertemuan IMF dan Bank Dunia, namun menjadi utama karena dihadiri kepala negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia selaku tuan rumah.

Pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia, Peter mengungkapkan, akan digelar dalam tiga sesi utama, yakni pembukaan yang rencananya akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo, pertemuan Komite IMF yang dihadiri seluruh gubernur bank sentral, dan pertemuan Komite Pembangunan atau DC yang dihadiri para menteri keuangan. Di luar agenda tersebut, lanjut dia, akan banyak digelar seminar, lokakarya, dan pertemuan pendukung lainnya.

Selain itu, imbuh Peter, sebanyak 20 kepala negara yang merangkap Menteri Keuangan atau Gubernur bank sentral juga diundang untuk turut hadir dalam pertemuan akbar itu. Biasanya, kata dia, kepala negara merangkap menteri keuangan atau gubernur bank sentral merupakan negara-negara kecil di beberapa kawasan.

Peter menambahkan, pertemuan IMF-World Bank 2018 dijadwalkan akan dihadiri oleh sekitar 18 ribu delegasi dari 189 negara di dunia. Para delegasi itu di antaranya kepala negara, menteri keuangan, gubernur bank sentral, pelaku keuangan dan ekonomi, praktisi, akademisi, hingga lembaga swadaya masyarakat. (Ant/AB/Wan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages