Maybank Foundation dan ASEAN Luncurkan Program Pemberdayaan Pemuda ASEAN - Bisnisasean.com | Situs Berita Bisnis ASEAN | News Portal For Association of Southeast Asian Nations

Post Top Ad

Maybank Foundation dan ASEAN Luncurkan Program Pemberdayaan Pemuda ASEAN

Maybank Foundation dan ASEAN Luncurkan Program Pemberdayaan Pemuda ASEAN

Share This

JAKARTA, BISNISASEAN.COM - ASEAN Foundation dan Maybank Foundation meluncurkan program "eMpowering Youths Across ASEAN", yang bertujuan mengilhami dan mendorong gerakan kerelawanan pemuda di seluruh ASEAN.

Penandatanganan kerja sama itu dilaksanakan di Sekretariat ASEAN, Jakarta, Rabu, dengan disaksikan Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi, Ketua Dewan Pengawas ASEAN Foundation Duta Besar Elizabeth P. Buensuceso, dan Ketua Maybank Group Mohaiyani Shamsudin.

Program itu menyasar pemuda berbakat untuk menjadi pemrakarsa perubahan dengan membekali mereka keahlian dan pola pikir mumpuni serta memberikan hibah mikro 200 ribu dolar AS atau senilai Rp2,8 miliar untuk memulai prakarsa mengurangi kemiskinan dan memberdayakan masyarakat ASEAN.

"ASEAN Foundation bermitra dengan Maybank Foundation karena memiliki aspirasi dan tujuan sama, yaitu mendorong generasi pembuat perubahan dan membawa kemakmuran merata bagi masyarakat ASEAN. Program itu akan membantu kami meningkatkan interaksi di antara berbagai pemangku kepentingan ASEAN, mengurangi kemiskinan, dan membangun masyarakat ASEAN, yang kuat," kata Duta Besar Buensuceso.

Program "eMpowering Youths Across ASEAN" bertujuan mengumpulkan 100 mahasiswa dan profesional muda berusia 19-35 tahun dari 10 negara anggota ASEAN untuk mengembangkan dan menjalankan proyek komunitas, yang dapat membawa dampak nyata jangka panjang, baik dalam bidang sosial maupun ekonomi.

Program itu berlangsung pada Agustus 2018-Agustus 2019 dan dimulai dengan lokakarya intensif bagi 100 peserta.

Setelah lokakarya, seluruh peserta diterjunkan di beberapa tempat di tiga negara, yaitu Kamboja, Indonesia dan Malaysia untuk melaksanakan proyek pada empat area spesifik, yaitu pemberdayaan komunitas, seni budaya, keberagaman lingkungan, dan pendidikan.

 "Kemitraan kami dengan ASEAN Foundation adalah langkah penting untuk melanjutkan misi kami terus bekerja dengan pemuda untuk menciptakan dampak positif di komunitas tempat kami berada. Kami percaya, program ini dapat mengubah hidup kaum kurang beruntung di wilayah Asia Tenggara." kata Mohaiyani Shamsudin.

Program "eMpowering Youths Across ASEAN" adalah lanjutan dari program percontohan Maybank dan Maybank Foundation, yang dimulai di Singapura pada 2016 dan melibatkan lebih dari 200 mahasiswa dari National University of Singapore, Nanyang Technological University, dan Singapore Management University.

Program itu meluncurkan tujuh proyek komunitas, yang telah memberikan dampak positif terhadap 1.500 orang di ASEAN.

Program itu kemudian diperbesar hingga skala kawasan untuk menjangkau lebih banyak pemuda di 10 negara anggota ASEAN dan untuk memberikan dampak lebih besar lagi untuk masyarakat ASEAN.

Program itu diharapkan berperan dalam membantu tercapainya tujuan ASEAN Socio-Cultural Community Blueprint 2025 dan United Nations Sustainable Development Goals. (Ant/BA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages